How to Make Form Survey Using Google Form

15.56
Hai guys. saya disini akan menjelaskan cara membuat form survei menggunakan form google. sebenarnya sih ini berawal dari tugas kuliah jadinya mau gak mau harus buat tutorial hahaha. Langsung aja saya akan memberikan petunjuk bagi kalian yang mempunyai tugas kuliah maupun tugas pekerjaan untuk membuat survei form.

1. Pertama kita harus mempunyai account google terlebih dahulu karena kita disini akan membuat form survey menggunkan fitur dari google form itu sendiri.

2. Jika sudah mempunyai account google maka masuk kealamat google drive yaitu https://drive.google.com dengan username dan password dari masing-masing kalian sendiri.
Maka tampilan akan muncul seperti ini 

3. And Then klik button New atau Buat, kemudian pilih GOOGLE FORM.

4. JIka sudah maka kita akan dilemparkan kesebuah halaman yang berisikan sebuah form survey yang masih kosong atau belum ada isinya apa-apa. seperti ini :

5. Tulis judul sesuai dengam keinginan kalian. Example : Tugas Aplikom Komputer.
JIka kalian ingin memberikan sebuah deskripsi tinggal isikan di form diskripsi yang tertera tadi.

6. Kemudian isikan pertanyaan yang kalian inginkan untuk sebagai bahan survey form ini. Dan jangan lupa untuk mengasih pilihan option agar perespon bisa memberikan survey kepada kalian. Example :


Jika kalian ingin menambahkan sebuah pertanyaan atau sebuah kolom pengisian biodata maupun pengisian suatu identitas tinggal tambahkan dengan fitur-fitur yang dibawah ini:

Sebagai contoh saya akan membuat sebuah form survey. cekidot :

7. Tambahkan beberapa form lagi agar sesuai dengan form survey yang kalian inginkan. Jika sudah hiasi form survey kalian dengan mewarnai ataupun dengan fitur-fitur yang disediakan di google form itu sendiri. Example :

- Gambar seperti wadah cat lukisan digunakan untuk theme color atau tema warna dari form survey. Dan bisa digunakan untuk menyisipkan gambar.
- Gambar seperti mata digunakan untuk view hasil dari form survey yang kalian buat.

And then hasil form survey pembuatan dari saya berikut ini :

8. If you have finished then we click SEND. Agar form survey yang kita buat bisa di gunakan untuk survey terhadapat orang lain. Fitur SEND ini mempunyai tiga kelebihan yaitu satu bisa digunakan untuk mengirim sebuah form survey langsung ke alamat email yang kita inginkan, kedua kita bisa menjadikan form survey kita menjadi sebuah url atau alamat yang bisa kita kirimkan melalui sosial media ataupun yang lainnya. Ketiga dengan embed html yang digunakan untuk menyisipkan form survey kita kedalam suatu web dengan cara mengcopy url atau alamat dari form survey kita kemudian kita sisipan kedalam html web yang kita ingin sisipkan tadi. Berikut ini penampakannya :



Oke selamat mencoba ^_^.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus. EmoticonEmoticon